Tips Sederhana Menghindari Kepikunan Sejak Dini

Memperbaiki Daya Ingat biasanya tergantung dari faktor usia, semakin lanjut usia kita, maka semakin susah untuk menghafalkan atupun mengingt sesuatu. Tetapi penyakit lupa ini  kadang juga terjadi pada usia dini, dikarenakan banyak faktor-faktor diantaranya, pola makan yang  buruk, stress, sering melamun atau menghayal, terlalu banyak mengkonsumsi obet-obatan, sering menonton hal-hal yang berbau sex dan video porno. Berikut ini adalah tips menjaga daya ingat agar selalu stabil. Sehingga kita tidak sering lupa.

    Senam Otak

Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakkan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya, menyebut judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi saat kecil, atau sebut 10 barang yang ada di kulkas, mengingat nama-nama sahabat di waktu sekolah.

    Berpikir

Mengingat satu hal yang tak kunjung muncul di kepala pasti menjengkelkan. Saat mengalaminya, jangan panik. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktivitas itu akan membantu seseorang lebih cepat mengingat hal penting yang ia lupakan.

    Perbanyak Minum Air Putih

Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari, agar cairan didalam tubuh mencukupi, sehingga aliran darah didalam otak berjalan dengan lancar.

    Santai

Tekanan atau stres membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak sambil melakukan aktivitas santai seperti membaca buku, bermain game online untuk memulihkan kerja otak.

Baca juga : Tips Membangun Keluarga Bahagia

    Permainan Asah Otak

Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di koran atau memainkan tebak kata di telepon genggam bermanfaat positif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

    Bertamasya ke Masa Lalu atau Masa Kecil

Melihat kembali hal-hal di masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Saat pulang kampung misalnya, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.

    Makanan yang Bergizi Tinggi

Bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, tetapi juga bahan makanan berwarna merah dan ungu seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

    Berpikir Lewat Gambar

Cara ini bisa dipraktikkan saat menyusun daftar belanja. Catat barang-barang yang akan dibeli sambil membayangkan diri sedang berjalan menyusuri lorong-lorong supermarket dan menemukan produk yang diinginkan.

    Tidur Cukup

Tidur dibutuhkan agar sel tubuh beristirahat dan beregenerasi. Termasuk sel otak. Sebab itu, usahakan bangun kerja sama fisik dan mental yang baik agar tercipta tidur sehat dan berkualitas.

    Olahraga Teratur

Lakukan latihan fisik yang merangsang perbaikan sirkulasi darah seperti jogging, dan aerobik. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berpikir.

Demikian artikel mengenai tips menjaga daya ingat agar selalu stabil, semoga tips tersebut bermanfaat ya buat Anda.
loading...
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon