Kuliah atau Mondok? Kenapa ngga Pilih Dua-duanya?



Ngaji Yuk - Kata orang-orang nih yaa… masa-masa kuliah adalah masa dimana kita merasakan kebebasan. Bebas dari orang tua, bebas dari segala macam peraturan di sekolah, bebas dari kontrol orang-orang rumah dan yang paling penting yaitu kita nggak lagi makai seragam kayak jaman-jaman SMA dulu, soalnya kan kalo misalnya kita berbuat onar di jalanan, langsung ketahuan tuh anak ssekolah mana.. hehehe
Ketika ujian nasional berakhir, saatnya kita mencari tempat yang tepat untuk melanjutkan pendidikan, kalau kita memang pengen ngelanjutin belajar ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Terus, kita bakalan cari tau dimana kita akan melanjutkan kuliah, bagaimana sistem pendidikannya, biaya kuliahnya terjangkau atau tidak dengan kemampuan ekonomi keluarga, atau kalo misalnya kita pinter-pinter nyari info, bisa juga kan kita nyari kampus yang ada beasiswanya. Apalagi sekarang ini sedang di gencar-gencarkan beasiswa tahfidzul qur’an bagi santri tahfidz yang pengen ngelanjutin kuliah, banyak kok kampus disekitar jawa barat, apalagi jawa tengah, uhh bejibun.
Setelah kita diterima di perguruan tinggi, giliran tempat tinggal lah yang kita pilih. Kira-kira tempat seperti apa ya yang cocok untuk kita? Kan kita udah memasuki masa dewasa dan sudah saatnya harus mandiri, jauh dari orang tua, jadi pilihan kita harus benar-benar tepat.
Menurut pengalaman saya sendiri nih ya kang… Coba deh nyari beasiswa perguruan tinggi di jawa tengah, terutama di wilayah kota solo dan Yogyakarta, Pengalaman saya sendiri yang kuliah di kota Solo nih yaa, ada beberapa pilihan tempat tinggal di sana.
  • ·         Yang pertama pasti kos-kosan. Baik itu kos-kosan eksklusif maupun biasa saja. Ya untuk orang macem kita mah ngga muluk-muluk, cari aja kos-kosan yang murah, yang pada intinya kos-kosan tersebut punya sumber air yang cukup, kalo kata orang NTB mah, “Sumbe air so dekat, beta sonde bisa mandi dan nyuci lebih cepat” hahaha. Iya loh ini fakta, kalo misalnya di tempat tinggal kita udah susah air, otomatis kita nggak bakalan betah tinggal di tempat tersebut.
  • ·       Opsi yang kedua adalah tinggal di kontrakan. Yap bener, ngontrak bareng temen se daerah maupun teman yang baru kenal. Seru loh kalo kita ngontrak bareng-bareng itu, bisa tau adat atau karakter daerah lain. Biasanya anak-anak yang memilih mengontrak beralasan jika mengontrak lebih murah dibandingkan dengan nge-kost. Misalnya nih ya untuk ukuran harga kost di tahun 2017 kalo di kalkulasikan bisa lebih dari 6 juta per tahun, itu bayar sendiri loh 6 juta. Tapi dengan fasilitas yang sama seperti harga kost, ngontrak jauh lebih murah, kenapa murah? Joba deh akang kalkulasikan, biaya ngontrak di solo rata-rata 6-7 juta per tahun, kalo di kontrakan ada 4-5 orang, patungan berapa doing hayoh? Kurang dari 2 juta PERTAHUN. Murah bangeeet kaaan?
  • ·         Menumpang di tempat sanak family. Solo adalah kota pelajar dan perantau selain Yogyakarta, jadi lumrah saja jika terdapat pendatang yang berasal dari luar Jawa. Jika mereka memiliki sanak saudara disini, lumayan kan bisa numpang tidur di rumah paman atau bibi, ya itu pun kalo misalnya kita ngga punya malu hihihi. Tapi kalo misalnya malu, abaikan aja dulu opsi ini hehehe
  • ·        Asrama mahasiswa Lembaga UKM, asrama himpunan anak-anak daerah dan masih banyak lagi. Di solo sendiri, banyak sekali asrama mahasiswa yang berasal dari luar jogja. Biasanya, mereka memilih untuk tinggal disana karena merasa seperti rumah sendiri.
  • ·       Takmir masjid, di solo banyak loh para DKM masjid yang mempersilakan mahasiwa untuk tinggal di masjid, mereka membebaskan mahasiwa untuk mengurus masjid, dengan syarat mau ngejaga masjid dan bersih-bersih masjid tiap hari, lumayan lah selain dapet tempat tinggal gratis, dapet pahala pula hehe
  • ·         Nah, yang terakhir ini adalah pilihan paling bombastis dan menurut saya sendiri adalah pilihan paling aman bagi remaja seperti kita ini. Yaitu : Mondok alias Nyantri alias tinggal di Pondok Pesantren dan mengaji. Mungkin sebagian orang akan mengernyitkan dahi dengan pilihan spesial ini. Apa pasal? Masa iya si kita yang udah gede harus terkurung lagi di pondok? Eits…..jangan salah. Sebenarnya mondok banyak sekali manfaatnya lho…
Yang pertama sebagai seorang remaja yang memiliki jiwa liar, kita sadar harus bisa menjaga diri dan hati dari segala godaan yang menerpa. Kalau kita ngekost, sekamar hanya akan diisi diri kita sendiri, tapi kalau di pondok? Tentu kita tidak akan sendiri. Kalau di pondok saya, Kita tidur bareng-bareng di satu ruangan besar, semacam tumpuk ikan, tapi itu jauh lebih mengasyikan loh, kita bisa sambil becanda sebelum tidur, ngobrol tentang aktifitas kita sama temen-temen pondok. Apa lagi menurut pengalaman saya, orang-orang pondok itu asyik-asyik loh, ramah-ramah pula. Jadi tidak perlu takut jika ada sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi hehehe. Terus di pondok pesantren juga kita bisa saling mengingatkan untuk berbuat kebaikan. Kalau di kos belum tentu ada yang mengingatkan kita untuk melaksanakan sholat wajib. Kalau di pondok, walaupun kita tidur Insya Allah ada yang membangunkan untuk shalat jika sudah waktunya. Walaupun ya mungkin waktu tidur saat subuh akan berkurang karena sudah banyak yang bangun dan membangunkan. Jadi Insya Allah shalat kita terjaga. Yang ketiga, pasti Ngaji alias mengaji. Kalau di pondokku ada dua kali saat mengaji yaitu malam hari, dan subuh hari. Nah, dari ngaji tersebut ada banyak ilmu baru yang bisa di dapat yang berguna nantinya di masyarakat. Siapa bilang anak pondok tidak bebas untuk beraktivitas? Itu salah kawan. Justru di dalam pondok kita lebih diasah kemampuan emosional yang kita miliki. Misalnya kita baru membeli sandal dengan harga yang lumayan. Baru ditaruh di kamar tiba-tiba raib dipakai teman padahal kita belum memakainya. Ini salah satu kekurangan yang ada di dalam pondok, tapi ini bisa melatih mental kita untuk tetap sabar.
Mondok juga menambah teman-teman baru. Biasanya pertemanan yang terjalin di pondok pesantren ikatan kekeluargaanya lebih kuat. Jadi, jangan takut untuk mondok. Karena mondok itu mengasyikkan.
Bagi akng dan teteh yang ingin nyari pondok pesantren tahfidz yang dekat dengan tempat kuliah, bisa akang cari di Daftar Nama-nama Pondok Pesantren di Pulau Jawa. Trimakasih
loading...
Previous
Next Post »

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon