Pertanyaan Menakutkan Saat Anda Menjadi Mahasiswa

Pertanyaan Menakutkan Saat Anda Menjadi Mahasiswa


Ngaji Yuk - Kuliah di sebuah Universitas merupakan impian semua orang sepertinya. Kita pasti membayangkan sesuatu yang wah saat kita kuliah dan mendapatkan ijazah nanti. Seperti halnya mendapatkan pekerjaan bagus, mendapatkan titel, dihormati oleh orang sekitar dan masih banyak lagi imajinasi-imajinasi indah yang kita bayangkan.
Tapi kadang hidup tak seindah di negeri dongeng kawan... banyak tantangan-tantangan dan kepahitan yang harus kita terima saat menjalaninya.
Fase dimana sebuah perasaan akan ketidakpastian hidup, pasti akan Anda rasakan. Entah itu tentang apa yang sudah kita lakukan, ataupun tentang apa yang sudah kita rencanakan.
Dunia luar kadang bersikap pesimistis terhadap kita sebagai seorang mahasiswa, dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin kita sendiri akan sedikit memutar otak untuk menjawabnya. Bahkan tak jarang pertanyaan itu akan terasa lebih sulit daripada soal UAS ataupun pertanyaan dosen saat sidang skripsi.
Berikut ini beberapa pertanyaan yang pernah saya alami dan pernah saya dengarkan dari teman-teman mahasiswa yang dirasa memiliki perasaan yang sama tentang cara pandang sebagai mahasiswa :

• Kapan Kuliahmu Selesai Lee?

Pertanyaan sejenis ini biasanya sering didengar oleh mahasiswa yang jarang masuk kuliah, jarang ngerjain tugas dan kurangnya PDKT dengan Dosen. Mengakibatkan mata kuliah yang mereka ambil tidak memenuhi syarat kelulusan.
Selain itu pula, pertanyaan seperti ini akan sering didengar oleh mahasiswa yang lanjut usia. Sudah masuk masa afkir, tapi kuliah masih semester bawah.hehe

• IP mu Berapa Sob?

Mungkin pertanyaan ini bisa dikategorikan sebagai pertanyaan introgasi psikologi. Bagaimana tidak? Bagi sebagian mahasiswa pengejar nilai, memberitahukan nilai IP merupakan sebuah aib besar yang seharusnya tertutup rapat-rapat. Bilamana ada satu orang teman saja yang tahu nilai IP kita, seakan akan kita seperti ditelanjangi di depan publik. Dengan tahu nilai IP, maka otomatis orang lain akan tahu pula bagaimana belang kita semasa belajar di kelas.

• Abis Lulus Kuliah Ngapain Bro?

Seperti sebuah cerita-cerita misteri di TV yang tidak punya kejelasan ending dan kerasionalan, pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang memang dikategorikan sulit dijawab oleh mahasiswa. Bahkan mahasiswa yang rajin dan pintar sekaliber KOMTI kelas, saya rasa mereka akan sulit untuk menjawabnya. butuh mediasi yang sangat lama untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut hehehe.

• Jurusan yang Lo Ambil Sesuai Gak?

Biasanya bagi mahasiswa yang nyasar, pertanyaan ini dapat meragukan keyakinan yang sudah ia pegang. Banyak mahasiswa yang waktu SMK dulu sekolah Jurusan Komputer malah kuliahnya Jurusan Dakwah Islam, yang waktu SMA Jurusan IPA, ehh karena ada suatu kejadian yang engga di inginkan, malah kuliah ngambil Jurusan Ekonomi.
Kadang Dosen suka memberikan nasehat kepada kita dengan berdalih aneh seperti halnya :
"Walaupun kalian dulu sekolahnya jurusan ekonomi, tapi Insya Allah di fakultas Dakwah ini kalian tersesat di jalan yang benar. Karena apa? Karena siapa tau anda akan menjadi konsultan ekonomi tentang bagaimana cara berniaga yang baik menurut syariah, bagaimana memanage antara kegiatan sosial dengan hubungannya dengan yang Maha Kuasa"
Dan ajaibnya, kita pun sebagai mahasiswa merasa terobati dengan nasehat-nasehat Dosen pada saat itu. Padahal, ketika kita tersadar dan mulai menghadapi peperangan melawan kekejaman tugas-tugas yang diberikan Dosen di bangku kuliah, kita tentu saja akan tahu bahwa apa yang dikatakan Dosen hanyalah buaian-buaian semata. (maaf ya, bukan nyalahin dosen, motivasi aja buat kamu bahwa kita harus benar-benar memilih yang terbaik untuk diri kita dan menerima dengan sepenuh hati terhadap konsekuensi yang kita pilih).

• Lo Punya Duit Lebih Gak?

Survey membuktikan, 70% mahasiswa di Indonesia akan menjawab TIDAK untuk pertanyaan ini. hehehe
Valid atau tidaknya survey ini bisa anda tanyakan pada Cak Lontong :)

• Kuliah Kayaknya Seru Ya Bro?

Kalo suatu ketika ada temen kamu yang nanya kayak gini, jawab aja "Kuliah tuh gak kayak film sinetron FTV Broo..."
seperti itulah kadang kadang orang-orang yang hanya menilai dari cangkangnya saja. Sulit untuk kita beri pemahaman.

• Skripsi Udah Nyampe Mana?

Tekanan batin bila pertanyaan ini timbul. Dan pada saat yang sama, kita sedang membayangkan Revisi yang di berikan oleh Dosen Pembimbing. mungkin jika hal itu terjadi pada Anda, Anda akan merasakan Sakit hati bercampur sedih seakan-akan dunia semakin suram untuk dipandang. haha lebay
Mungkin demikian beberapa pertanyaan horror dan bahkan tak bisa ditemukan jawabannya sekalipun ngobrak-ngabrik satu Perpustakaan, yang sering di dengar oleh mahasiswa. Mungkin bagi para pembaca ada yang mau menambahkan ? :)
loading...
Previous
Next Post »

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon