Mengembalikan Kapasitas Flashdisk yang Berkurang


Flashdisk merupakan alat bantu yang dirasa penting bagi para mahasiswa, tidak terkecuali santri. Rata-rata bagi mahasiswa ataupun santri, flashdisk digunakan sebagai alat penyimpanan data berupa makalah, ebook kitab-kitab, hasil tugas ataupun hasil tulisan-tulisan kita.
Tapi kadang kita dihadapkan dengan permasalahan Kapasitas Flashdisk yang Berkurang, entah itu akibat virus, ataupun kualitas Flasdisk yang kurang bagus.
Biasanya kita akan mengeluh "kok flashdisk yang tadinya 8GB jadi tinggal 5GB?" atau "Flashdisk pas beli 16GB, tapi kok setelah dipakai sebulan jadi tinggal 10GB?".
Pada contoh kasus diatas adalah karena USB/Flashdisk kamu memiliki masalah unallocated volume, artinya : kapasitas flashdiskmu masih sama seperti saat pertama kamu beli, tetapi ada sebagian volume yang tidak terbaca sebagai tempat penyimpanan oleh flashdisk, sehingga mengakibatkan kapasitas Flashdisk jadi terlihat berkurang saat dibaca oleh komputer. 
Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan Kapasitas Flashdisk Berkurang, dan salah satunya yang akan saya bahas disini adalah karena faktor Unallocated USB FlashDrive. Untuk Pengertian Apa itu unallocated USB flashdrive? silahkan kamu cek di google, tetapi saya disini hanya akan memberikan solusi jika flashdisk anda mengalami unallocated USB flashdrive atau Kapasitas Flashdisk tiba-tiba berkurang setelah dipakai beberapa kali.
Nah masalah ini biasanya terjadi jika kita pernah memakai flashdisk itu untuk menginstall OS komputer, atau menginstall OS di Virtual Drive. Bahkan kadang akibat dari seringnya kita menyimpan dan menghapus file yang ada di Flashdisk.
berikut ini adalah cara saya ketika Mengembalikan Kapasitas Flashdisk yang Berkurang, mudah kok caranya, simak baik-baik karena tutorial ini tanpa gambar :

  • agar data kamu aman, terlebih dahulu backup semua data atau file yang ada pada flashdisk, pindahkan ke computer
  • lalu jalankan Command Prompt atau CMD pada komputer. untuk lebih mempermudah, tekan tombol windows + R, akan tampil kotak "Run". lalu ketik CMD, maka nanti akan muncul kotak hitam seperti hacker-hacker. hehe
  • setelah kita membuka aplikasi Command Prompt, lalu ketik pada Command Prompt tersebut diskpart (jangan salah ketik yaa hehe) kemudian tekan tombol enter pada keyboard
  • selanjutnya kita akan dihadapkan sebuah pilihan lagi yaitu disk 0, disk 1, disk 2, dan sebagainya, berikut jumlah kapasitas nya dari setiap disk. 
  • maka kita cari disk Flashdisk kita, untuk mengetahuinya biasanya terlihat dari kapasitas disk tersebut, jika kapasitas Flashdisk kita 16GB, maka akan terlihat : contoh disk 1 dengan volume 16GB, jangan salah pilih ya, kalo salah nanti malah data komputer kamu yang hilang, bukan data flashdisk.
  • jika sudah ketemu lokasi disk Flashdisk kita, maka selanjutnya ketik select disk 1 (jika lokasi flashdisk kamu berada di lokasi disk 1) atau select disk 2 (jika lokasi flashdisk kamu berada di disk 2) lalu tekan tombol enter. catatan : jangan pilih disk 0 ya, karena biasanya disk 0 itu adalah memori komputer kamu.
  • langkah selanjutnya adalah membersihkan total disk pada Flashdisk dengan mengetik clean kemudian tekan tombol enter, sekarang  Flashdisk kamu telah terformat semua, data-data yang berada di flashdisk telah dibersihkan.
  • tidak berhenti sampai disitu, masih di kotak command prompt, kita akan membuat primary partition pada disk tersebut agar nantinya flashdisk tersebut dapat menyimpan file atau data kembali dengan cara mengetikan perintah create partition primary kemudian tekan tombol enter.
  • prosesnya biasanya hanya memakan waktu beberapa detik, setelah complete, ketik perintah exit lalu tekan tombol enter. maka selesai deh, flashdisk kamu kembali normal dengan kapasitas seperti saat kamu beli pertama kali, dan tentunya tidak berkurang lagi hehe
  • terakhir jangan lupa cabut flashdisk kamu dengan cara eject ya, jangan asal main cabut, tidak bagus buat kesehatan flashdisk hehe
Itulah tips yang bisa saya sampaikan apabila Kapasitas Flashdisk Berkurang karena Unallocated disk. jika ada pertanyaan yang kurang di pahami silahkan bertanya pada kolom komentar, jangan lupa untuk share yaa. untuk saling berbagi kebaikan :)


loading...
Previous
Next Post »

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon