Pondok Pesantren Tahfidz : Al Anisiyah

Pondok Pesantren Al Anisiyah
Brosur Pondok Pesantren Al Anisiyah
Pondok Pesantren Tahfidz Al Anisiyah merupakan sebuah pondok pesantren tahassus Al Qur'an, yang berlokasi di Kartasura, Solo Jawa Tengah. Selain berlokasi di daerah pedesaan, Pondok Pesantren Al Anisiyah juga dekat dengan akses ke kota, sekolah formal dan bahkan universitas-universitas terkenal di kota Surakarta, seperti hal nya Kampus IAIN Surakarta,.Universitas Muhammadiyyah, Universitas Negeri Surakarta dan Universitas Nahdhatul Ulama.
Pondok yang dekat dengan kampus di Solo
Akses dekat dengan IAIN SURAKARTA Source Image: iain-surakarta.ac.id
Sehingga memudahkan para santri atau penuntut ilmu untuk mondok sambil sekolah formal. Hal itu terlihat dari kebanyak santri yang mondok di Pesantren Al Anisiyah rata-rata sambil belajar di tempat pendidikan formal dan kampus. Tetapi tidak menutup kemungkinan, Pondok Pesantren Al Anisiyah juga menerima calon santri/santriwati yang hanya ingin tahassus belajar menghafal Al Qur'an.
Bagi kamu yang ingin belajar mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan selama di Pondok Pesantren, Al Anisiyah juga membolehkan untuk belajar mandiri, karena pada dasarnya, pengasuh pondok pesantren -KH Najib Muhammad Al Hafidz- menuntut para santrinya untuk mandiri dan bertanggung jawab, serta dapat mengemban amanah dari Allah SWT yaitu menjadi Hafidz dan Hafidzah.
Tidak seperti Pondok Pesantren lainnya, Al Anisiyah tidak mencantumkan Visi ataupun Misi secara tekstual terpampang dalam brosur atau spanduk, karena Al Anisiyah sadar, bahwa pada hakikatnya, menjadi Ahlullah (baca: Hafidz Qur'an) bukanlah hanya sebatas embel-embel duniawi. Menjadi Seorang Hafidz Qur'an adalah cita-cita tertinggi dari seorang hamba yang mengharapkan kemuliaan dari Allah SWT. Untuk itu, Pondok Pesantren Al Anisiyah tidak menerapkan syarat-syarat khusus Administratif ataupun Management Pondok Pesantren, cukup dengan Niat Ikhlas lillahi ta'ala, tekad dan kemauan yang kuat untuk menghafal Al Qur'an 30 Juz, serta bekal yang cukup untuk mandiri menjadi seorang santri yang diridhoi Allah SWT.

Bagaimana Program Pembelajarannya?

Mengenai Program pembelajaran, santri diwajibkan untuk setoran hafalan Al Qur'an dan belajar Kitab-kitab dasar untuk pelengkap dalam memahami Islam dan Al Qur'an.
Sebagai pondok pesantren yang menganut sistem salafiah (baca: metode pembelajaran klasik), Al Anisiyah melarang para santriwati khususnya mahasiswi yang belajar di universitas, untuk membawa telepon genggam atau HP dalam jenis apapun, untuk menghidari sesuatu yang tidak di inginkan.

Biayanya?

Biaya masuk Pondok Pesantren Al Anisiyah cukup terjangkau, santri/santriwati hanya membayar Rp. 200.000,- perbulan untuk biaya makan (makan 3 kali sehari, sudah disediakan pondok pesantren), selain itu membayar uang masuk pertama kali sebesar Rp. 350.000,- untuk pembayaran lemari serta fasilitas dan peralatan tidur.
Tahfidz Al Anisiyah
Pondok Pesantren Al Anisiyah Kartasura

Pondok Pesantren Al Anisiyah membolehkan para santri atau santriwati untuk nyambi belajar di luar area pondok pesantren, dengan catatan hal itu tidak mengganggu kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh pondok pesantren, seperti halnya setoran hafalan, mengaji kitab dan kegiatan-kegiatan pondok lainnya. sebagai syarat lain yang harus diperhatikan adalah, untuk para santriwati hanya boleh membawa Laptop dan Motor untuk keperluan sekolah serta dilarang membawa HP/telepon genggam. 

Poin utama yang harus kamu perhatikan

Karena Pondok Pesantren Al Anisiyah menganut sistem pembelajaran klasik, santri di tuntut untuk mandiri, bersungguh-sungguh dan berlandaskan atas dasar niat menghafal Al Qur'an Ikhlas karena Allah SWT. bukan karena ingin menjadi juara MTQ atau syarat mendapatkan beasiswa.
Kalau kamu sudah paham mengenai Pondok Pesantren Al Anisiyah, kamu bisa menghubungi kontak pendaftaran :
via WA = 082135360364 (Ust. Faris)
Datang langsung bersama Orangtua/perwakilan anggota keluarga ke :
Kp. Jiwan 02/VI Des. Ngemplak Kec. Kartasura, Sukoharjo Jawa Tengah.

atau lebih lengkapnya dapat kamu unduh brosur di atas.

Note : Baca Juga Nasehat Untuk Anakku yang Hafidz dan Hafidzah
loading...
Previous
Next Post »

#Berkomentarlah dengan Sopan
#Bila link download error, jangan Sungkan Berkomentar ConversionConversion EmoticonEmoticon